HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

5 Trik Cara Budidaya Rambutan Binjai Beserta Perawatannya

Jual Waring Sayur High Quality - Lim Corporation

Budidaya rambutan binjai mulai disukai masyarakat sebab menjanjikan keuntungan yang cukup besar, dimana dapat bernilai puluhan juta per bulan serta dapat menembus ratusan ataupun bahkan miliaran per tahun andaikan lahan yang Anda punya sangat luas serta proses budidaya yang berhasil sejak masa penanaman.

Bukan suatu hal yang mudah buat mencapai hal tersebut, Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat seperti itu. Anda juga dapat mencobanya dengan mempelajari dengan seksama langkah-langkah cara budidaya rambutan binjai serta jangan sampai menyesal sebab Anda mengurungkan diri buat memulainya. Mari kita lihat bersama!

Baca Juga : 

Cara Budidaya Rambutan Binjai

Cara budidaya tanaman ini sesungguhnya tidak sulit andaikan dilaksanakan di tempat serta waktu yang sesuai, tetapi memang sulit mencari waktu yang pas. Rambutan binjai sebenarnya cocok pada iklim yang basah sebab memerlukan curah hujan yang teratur, tetapi juga memerlukan musim kemarau buat merangsang pembungaan.

Anda bisa mengatur waktunya sesuai dengan rencana, sebaiknya mulai memasuki pertengahan ataupun akhir musim hujan, sebab andaikan terlalu banyak hujan pun, kekurangan sinar matahari akan mengakibatkan awal penanaman berlangsung kurang baik.

1. Menyiapkan Lahan

Budidaya rambutan binjai bisa Anda laksankan di lahan ataupun di pot saja tergantung keperluan Anda. Tetapi sebab akan tumbuh cukup tinggi, andaikan Anda menanam di dalam pot maka ada kemungkinan harus dipindah ke tanah sebab perakaran akan semakin berat menopang tanaman yang terus mendewasa, bila tidak ingin, Anda bisa rajin memangkasnya saja dengan tetap memperhatikan kesehatannya.

Lahan yang dipakai buat menanam haruslah memenuhi beberapa kriteria yang sesuai supaya penanaman rambutan binjai bisa berlangsung optimal:
  • Pastikan lahan tempat Anda menanam mempunyai suhu yang berkisar antara 25 sampai 35 derajat Celsius dengan curah hujan 1500 sampai 3000 mm per tahunnya.
  • Sebaiknya jangan pilih lahan yang kering. Lahan yang gambut serta subur akan memudahkan penanaman sebab rambutan binjai sangat sensitif.
  • Biasanya lebih baik bila lahan berupa lahan gambut yang masam dengan pH tanah berkisar antara 4 sampai 6,5. Anda bisa mengetesnya dengan memakai kertas lakmus, pH-meter, maupun indikator lainnya buat mengecek keasaman tanah.
  • Selain itu, tipe tanah latosol kuning lebih disenangi.
  • Ukuran lubang tanah yang dipakai buat menanam ialah 60 x 60 x 60 cm. Bila Anda ingin membuat beberapa lubang buat penanaman dalam skala luas, maka jarak tanam antara lubang tanam yang satu dengan lainnya harus berkisar pada angka 10 meter sebab pohon akan tumbuh besar.
  • Pisahkan tanah galian bagian bawah serta atas nan biarkan kurang lebih selama 3 sampai 4 minggu dengan tujuan buat mematikan bakteri.
  • Sesudah selesai menunggu, masukkan kembali sebagian tanah bagian bawah, sedangkan tanah bagian atas bisa Anda campurkan dengan pupuk organik seperti halnya pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

2. Menyiapkan Bibit yang Berkualitas

Anda bisa melakukan perkembangbiakan buah rambutan binjai dengan cara generatif (perkembangbiakan melewati biji) maupun vegetatif (perkembangbiakan dengan bantuan manusia seperti halnya okulasi).

Tetapi pada ulasan kali ini kita akan membahas bagaimana budidaya dengan cara generatif. Hanya saja, kekurangan cara generatif ialah butuh waktu yang lama buat mendapatkan hasil panennya.
  • Pastikan bibit yang Anda punya sehat serta aman dari segala jenis gangguan penyakit ataupun hama tanaman, buat itu dapatkan di toko tanaman terdekat serta terpercaya.
  • Buat 1 lubang tanam, Anda cukup menyiapkan 1 bibit saja sebab akan tumbuh besar.
  • Andaikan bibit sudah ditanam pada polybag, maka saat Anda mencoba melepaskannya jangan sampai perakaran putuh serta membuat bibit tersebut mati.
3. Penanaman

Penanaman perlu dilakukan dengan hati-hati serta teliti sebab titik awal penanaman cukup berpengaruh pada pertumbuhan selanjutnya.
  • Semai ataupun pindahkan bibit dengan hati-hati ke dalam lubang tanah yang telah disiapkan.
  • Pastikan bibit berdiri tegak lurus, lalu tutupi dengan tanah galian atas yang telah dicampurkan sama pupuk organik sebelumnya hingga sampai ke leher akar. Bila terasa kurang kuat, maka tambahkan lagi tanahnya supaya berdiri dengan kokoh.
  • Injak secara perlahan buat membantu merapikan tanah, tetapi harus diingat supaya tidak terlalu padat sebab bisa menghambat perkembangan akar rambutan binjai.
  • Bila dibutuhkan, tambahkan penyangga buat membantu tanaman berdiri tegak.
  • Lakukan penyiraman sesudah rambutan binjai selesai ditanam di lahan.


4. Perawatan

Perawatan terdiri dari beberapa cara sama seperti cara menanam tanaman lainnya, yakni seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penyulaman, ataupun pemberantasan hama yang perlu dilakukan secara teratur.
  • Sebab rambutan binjai ialah tanaman yang cukup minim akan kandungan air, maka Anda wajib rajin menyiramnya kecuali ketika waktu musim hujan. Andaikan sedang memasuki musim kemarau, maka ada baiknya Anda menyiram sebanyak 1-2 kali sehari buat memastikan kandungan air cukup, tetapi perlu diingat bahwa jangan sampai terlalu lembab sebab akan mengakibatkan tanaman layu serta bisa mati.
  • Pastikan pH berada di kisaran yang diinginkan, andaikan tidak, Anda bisa menambahkan urea supaya menambah tingkat keasaman.
  • Pemupukan dilakukan kurang lebih selang 3 sampai 4 bulan sekali. Buat awal penanaman, Anda cukup memakai pupuk organik saja. Sesudah setahun penanaman, Anda mulai bisa menambahkan pupuk KCL, TCL, serta urea dalam dosis yang sesuai sama peraturan. Selain itu, semakin berumur tanaman Anda, sebaiknya naikkan kadar sedikit demi sedikit tetapi tetap tidak berlebihan. Pemupukan hendaknya juga dilakukan di awal serta akhir musim penghujan.
  • Pemangkasan penting andaikan ada rerumputan liar yang tumbuh di sekitar tanaman binjai buat memastikan tidak ada yang mengganggu pertumbuhan ataupun bertindak sebagai benalu supaya tanaman tetap sehat serta tumbuh secara subur. Pemangkasan juga penting buat merapikan cabang-cabang serta dedaunan pada tanaman.
  • Andaikan ada bagian tanaman yang mati, jangan lupa buat melakukan penyulaman supaya tidak menyebar ke bagian tanaman yang lain, karena bisa berpengaruh serta ikut layu juga.
  • Pemberantasan hama ialah langkah yang benar-benar haris diperhatikan. Pada umumnya, contoh hama yang menyerang ialah lalat daun ataupun kutu daun yang dapat Anda atasi dengan pemakaian insektisida. Tetapi ingat, pemakaian segala jenis pestisida walaupun organik sekalipun akan menimbulkan pencemaran bila dilakukan dengan berlebihan. Pastikan Anda menyemprotkannya dengan dosis yang sesuai.
5. Masa Panen

Masa panen rambutan binjai cenderung lama sejak masa tanam pertama, yaitu sekitar 3 sampai 5 tahun penanaman tetapi teteap tergantung sama perawatan yang Anda lakukan dan kondisi cuaca yang mendukung. Bila seluruhnya berjalan lancar, maka masa panen bisa dilakukan lebih cepat.

Tetapi, masa yang lama ini sepadan dengan jumlah rata-rata produksi rambutan binjai yaitu bisa mencapai 500 sampai 700 kg/pohonnya andaikan tumbuh dengan besar. Jelas akan memberikan keuntungan yang luar biasa untuk para masyarakat yang membudidayakannya.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Trik Cara Budidaya Rambutan Binjai Beserta Perawatannya"

Posting Komentar