HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Menanam Cherry dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat

Jual Paranet Best Quality - Lim Corporation 

Ceri atau Cherry merupakan tanaman buah dari marga Prunus. Daripada itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri memiliki kandungan antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan sebab merupakan antioksidan. Musim tanam Ceri sangat singkat dan dapat tumbuh didaerah beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri yaitu di musim panas. Terdapat bayak jenis buah ceri, namun jenis ceri yang sering kita konsumsi yaitu Prunus avium/Ceri manis dan Prunus cerasus/Ceri asam.

Ada juga manfaat cherry diantaranya yaitu menjadi perlindungan antioksidan, bisa meredakan asam urat, bisa menyehatkan jantung, bisa meredakan rasa sakit, bisa membantu meredakan nyeri otot usai berolahraga, bisa membuat tidur lebih nyenyak, bisa membantu mencegah stroke dan juga baik untuk diabetes.

Di negara tercinta Indonesia buah ceri umumnya bisa tumbuh di daerah yang mempunyai udara dingin, salah satunya yaitu perkebunan buah ceri yang ada di wilayah Lembang dan Bandung maupun beberapa titik di dataran tinggi. Sebab bisa dikatakan langka di Indonesia maka harganya tergolong cukup tinggi. Walaupun begitu, buah ini tetap disukai oleh masyarakat luas dan sudah banyak yang mencoba membudidayakan sendiri. Berikut cara menanam buah cherry dari bijinya!

Persiapan Lahan Tanam Cherry

Cherry atau Ceri dapat ditanam di tanah atau di pot. Bila menanam pohon ceri sampai besar dan berbuah banyak maka alangkah baiknya pilih tanah saja. Buatlah lubang pada tanah kurang lebih berukuran 50x50x50 cm. Isi lubang tersebut dengan pupuk kompos atau kandang pada lubang dengan kurang lebih sampai 2 per 3 bagian terpenuhi. Lalu diamkan tanah kurang lebih selama 3 minggu.

Apabila tidak mempunyai lahan yang cukup luas, maka dapat menggunakan pot dan diletakkan di pekarangan rumah. Hanya saja harus rajin memangkas supaya tidak tumbuh besar dan dapat menyebabkan kematian bila nutrisi di dalam pot tidak tercukup untuk memenuhi tumbuhan yang besar. Daripada itu, pengakaran dalam pot juga tidak begitu kuat dibanding dalam tanah secara langsung.

Alangkah baiknya pilih pot yang berukuran besar supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal. Kemudian isi pot dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau kandang. Biarkan campuran tersebut supaya menyatu dengan sempurna sehingga tanah dapat subur.

Persiapan Biji Benih Cherry

Pilih biji buah ceri yang tua, besar serta tidak cacat, dan juga aman dari segala macam hama penyakit seperti hama kutu, hama tungau, hama ulat, hama larva, hama wereng, dan hama lainnnya. Sesudah itu, bersihkan daging buah cerinya, kemudian pisahkan bijinya. Selanjutnya jemur biji di bawah terik matahari secara langsung kurang lebih 1 hari. Pindahkan ke tempat yang teduh selama beberapa saat kemudian balut ceri dengan kertas tisu. Selanjutnya, masukkan dalam lemari pendingin dan biarkan kurang lebih 1 minggu, cara ini ditujukan supaya biji buah ceri lebih cepat untuk bertunas selanjutnya. Apabila waktu tanam sudah tiba, keluarkan dari lemari pendingin dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Apabila tidak mempunyai pohon ceri dan sulit mendapat biji, bibit cherry bisa dengan membelinya di toko bibit terdekat, walaupun cukup langka.

Penanaman Cherry

Semaikan biji ceri dalam lubang atau pot yang telah disediakan sebelumnya. Bila membeli bibit dari toko yang umumnya ditanam pada polybag maka lepaskan dengan hati-hati dan jangan sampai perakarannya putus. Bibit harus ditaruh dengan posisi tegak lurus. Tutup media tanam dengan cara memadatkan serapi mungkin supaya perakaran dan pertumbuhan ke depannya akan kuat. Bila menanam di dalam pot, letakkan pot di tempat yang teduh.

Perawatan Cherry

Lakukan penyiraman dengan rutin sehari sekali untuk menjaga kelembaban. Lakukan pemupukan dengan rutin sebulan sekali. Dapat juga tambahkan hormon perangsang buah ketika pohon ceri sudah mulai terlihat berbuah dengan komposisi yang sesuai. Bila ada bagian tanaman yang layu atau mati supaya tidak merambat pada bagian yang lain maka lakukan penyulaman. Penyulaman dapat berupa pemotongan atau mengganti dengan tanaman baru dengan cara vegetatif.

Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan berupa penyiangan, pemangkasan serta menggunakan pestisida. Penyiangan dan pemakaian pestisida cukup dilakukan bila ceri ditanam di tanah saja. Hal ini juga dibutuhkan untuk membersihkan tanah dari rumput liar yang tumbuh supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Sebagai alternatif dapat juga dengan memelihara hewan yang bisa memburu hama atau mempelajari cara mengatasi hama tanaman dengan pestisida alami. Sementara pemangkasan penting dilakukan bila ceri ditanam di dalam pot supaya memudahkan pemilik dan tidak tumbuh besar karena dapat tidak terkontrol lagi.
Produsen Waring Sayur Surabaya
* Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Menanam Cherry dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat "

Posting Komentar