HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Yang Baik dan Benar Menanam kacang Tanah, Yuk Coba!

Jual Waring Sayur High Quality - Lim Corporation

Arachis hypogaea L ataupun yang umum kita kenal sama nama kacang tanah ialah salah satu tanaman polong - polongan ataupun legume anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan di Indonesia serta termasuk kedalam kacang - kacangan terpenting kedua sesudah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini masuk ke Indonesia pada abad ke - 17 berpusat di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi, serta sekarang telah di tanam di berbagai daerah di Indonesia. 

Baca Juga : 
Juga dengan namanya, kacang tanah mempunyai beberapa julukan di berbagai daerah di Indonesia, seperti kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang tole, dan kacang banggala.  Tetapi, bagaimanakah cara menanam kacang tanah yang benar? Yuk kita simak penjelasannya !

Tanaman kacang tanah cocok di tanam pada ketinggian 50 - 500 meter di atas permukaan laut serta mempunyai curah hujan sedang. Sebab curah hujan tinggi akan mengakibatkan sulit buat melakukan penyerbukan, pun serta mempengaruhi kesuburan jamur yang bermanfaat buat pertumbuhan kacang tanah. 

Usahakan seluruh area tanaman kacang tanah terkena sinar matahari secara langsung. Saat awal pengolahan tanah tambahkan dolomid ataupun kapur pertanian buat membantu pembuahan kacang. Selain itu, tanamlah pada tanah gembur yang kaya akan kandungan unsur hara, Kalsium (Ca), Pospat (P), Kalium (Ka) serta Nitrogen ( N) yang cukup.

Cara Menanam Kacang Tanah dengan Baik dan Benar

 1. Media tanam

Media yang baik buat menanam kacang tanah ialah tanah. Tetapi, sebelum memakainya sebaiknya tanah di gemburkan terlebih dulu hingga butiran kecil- kecil. Kemudian tambahkan dolomid per hektar sebanyak 2 ton serta sebar secara merata pada lahan. Biarkan selama 2 hari. Sesudah itu , tambahkan pupuk kandang serta pupuk kompos yang telah jadi kemudian campurkan secara merata. Buat bedengan supaya drainase lancar serta air tidak tegenang.

2. pemilihan benih

Benih yang baik akan menentukan hasil produksi dari kacang tanah, oleh sebab itu pemilihan benih yang baik sangat di sarankan. Pertama, pilih benih kurang lebih berusia 100 hari ataupun telah tua berwarna kehitaman. ketika benih di buka tidak ada selaput di bagian dalam cangkangnya, kemudian jemur selama 4 hingga 5 hari. Buat kualitas yang lebih baik, maka lakukan penyimpanan benih selama 3 sampai 6 bulan, kemudian benih siap buat ditanam.


3. penanaman

Melubangi tanah dengan cara di tugal dengan jarak tanam 25 x 25 cm. Setiap lubang diisi satu benih biji. Kemudian padatkan dengan tanah. Buat lahan satu hektar dibutuhkan 50 gr benih.

4. Perawatan

Lakukan penyiraman setiap pagi nan sore hari ( ketika musim kemarau) ketika waktu benih selesai di tanam. Pada 4 hingga 7 hari benih secara serempak akan mulai berkecambah. Saat umur 20 hari sesudah masa tanam, tanaman akan mulai berbunga. 

Hasil dari penyerbukan serta pembuahan pada umumnya akan tumbuh ginofor yang menuju ke tanah serta menembus ke tanah serta nantinya akan menjadi polong. Saat masa pembuahan berikan pupuk yang banyak mengandung fosfor. Buat meningkatkan buah bagus, disarankan melakukan penyiangan serta pembubunan tanah di bagian bawah tanaman.

5. Pemberantasan hama dan penyakit

Hama serta penyakit pada taman kerap ditemui di berbagai tanaman, tak terkecuali kacang tanah. Hama seperti uret, ulat penggulung daun, serta ulat jengkrak, kerap mengganggu tanaman ini. cara menanggulanginya dengan cara pergiliran tanaman , ataupun dapat dengan melakukan penyiangan secara insentif serta pembersihan gulma dengan rutin.

Sedangkan penyakit pada kacang tanah seperti layu, bercak, gapong, serta sclerotium dapat di atasi dengan cara melakukan sanitasi lingkungan , cabut tanaman yang berpenyakit supaya tidak menggangu tanaman lainnya. Serta pilih varietas yang tahan dari penyakit.

6. Pemanenan

Kacang tanah siap di panen ketika saat berusia 90 hari, dengan ciri - ciri :
  • Batang daun mengeras.
  • Daun berguguran nan berwarna kuning.
  • Lakukan pengambilan secara langsung dengan cara cek bijinya, bila penuh maka kacang siap di panen.
  • Pemanenan dilakukan dengan cara dicabut
  • Biarkan polong menggantung pada tanaman kacangnya.
Demikianlah cara menanam kacang tanah.
Distributor Waring Sayur
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Yang Baik dan Benar Menanam kacang Tanah, Yuk Coba!"

Posting Komentar