HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

6 Tips Mudah Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Jual Waring Sayur Harga Pabrik - Lim Corporation

Ubi Jalar atau Ketela Rambat atau Mantang atau Sweet Potato adalah salah satu jenis tanaman umbi yang kaya akan karbohidrat. Tanaman umbi satu ini bernama latin Ipomoea batatas. Ada 3 jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning atau oranye dan ubi putih. Dari tiga jenis ubi jalar yang paling diminati adalah jenis ubi ungu. Jenis ubi ungu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti ice cream ubi ungu. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan lezat, menurut dari penelitian dengan mengkonsumsi ubi ungu efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi, untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, dapat menjaga berat badan, anti kanker dan juga anti inflamasi. Berikut cara budidaya ubi ungu bagi pemula.

Syarat Tumbuh Ubi Ungu

Ubi ungu bisa tumbuh dengan baik pada daerah kering maupun basah, mempunyai suhu udara antara 21 sampai 27 derajat celcius dan memperoleh sinar matahari sekitar 11 hingga 12 jam dalam sehari. Tanah yang baik untuk menanam ubi ungu yaitu tanah yang mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 5,5 sampai 7,5.

Persiapan Bibit Ubi Ungu

Perbanyakan bibit ubi ungu bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara generatif melali umbi dan cara vegetatif melalui stek batang.

- Cara pembibitan secara generatif adalah dengan memilih bibit yang mempunyai kualitas baik dan sehat, sesudah umbi diperoleh umbi dibiarkan pada tempat yang lembab sampai tunas keluar. Sesudah tunas keluar, tunas dipotong dan siap untuk dibesarkan. Tetapi cara ini jarang dilakukan untuk budidaya skala besar, hanya dalam skala kecil saja.

- Cara pembibitan secara vegetatif adalah dengan pilih tanaman ubi jalar yang sudah berumur 2 bulan lebih yang beruas pendek. Batang yang akan dijadikan bibit di potong sepanjang 15 sampai 25 cm dan minimal batang yang akan dipotong tersebut mempunyai 2 ruas batang, daunnya di buang supaya mengurangi penguapan. Sesudah itu, ikat bibit stek tersebut dan tempatkan pada tempat teduh selama seminggu. Dianjurkan perbanyakan ubi jalar melalui cara ini hanya dilakukan pada 3 sampai 5 generasi penanaman sebab cara ini bisa menurunkan kualitas tanaman umbi.

Persiapan Lahan Tanam Ubi Ungu

Lahan yang akan dipakai untuk budidaya ubi ungu diolah terlebih dahulu. Buang gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang terdapat di sekitar lahan. Selanjutnya, lakukan penggemburan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Sesudah itu, buatlah bedengan dengan ukuran tinggi sekitar 30 sampai 40cm, lebar 60c sampai 100cm dengan panjang menyesuaikan lahan yang digunakan, beri jarak antar bedengan sekitar 40c sampai 60cm. Lalu lakukan pemupukan dasar dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang dengan dosis sekitar 20 ton per hektar lahan.

Cara Menanam Tanaman Ubi Ungu

Sesudah semuanya siap maka segera lakukan penanaman. Benamkan 2 per 3 bagian batang bibit stek batang ke dalam tanah bedengan. Dalam satu bedengan dibuat 2 baris tanaman bibit dengan jarak antar 1 baris sekitar 30 cm dan jarak antar baris sekitar 40 cm.

https://bit.ly/2dWIjly

Perawatan Tanaman Ubi Ungu

Di awal tanam maka lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanahnya yaitu pada setiap pagi dan sore. Apabila tanaman telah mulai tumbuh optimal maka penyiraman bisa dihentikan sebab tanaman ubi termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Sesudah 2 sampai 3 minggu penanaman, maka lakukan pemeriksaan. Apabila ada tanaman ubi ungu yang mati atau tidak tumbuh optimal, maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit yang baru supaya bibit tetap tumbuh dengan serempak.

Sesudah satu bulan tanam, maka lakukan pembongkaran pada tanah di sisi kanan dan kiri tanaman dengan jarak 10 cm, tujuannya supaya akar tanaman tidak menjalar kemana-mana. Bersamaan dengan ini lakukan juga penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya disekitar tanaman ubi ungu. Lalu sesudah 6 sampai 8 minggu lakukan penutupan kembali tanah yang dibongkar dan lakukan juga perapihan pada akar tang keluar supaya ubi tumbuh tidak terlalu besar.

Masa Panen Ubi Ungu

Pemanenan ubi ungu bisa dilakukan sesudah tanaman berumur 3,5 sampai 4 bulan tanam. Dalam satu hektar laha bisa dihasilkan umbi ubi ungi sebanyak 25 sampai 40 ton.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Mudah Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar