HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Lengkap Budidaya Rumput Laut Yang Bernilai Ekonomi Tinggi

Jual Waring Sayur Best Quality - Lim Corporation

Rumput laut atau Seaweed adalah salah satu jenis ganggang, ganggang sendiri dibagi menjadi beberapa kelas yaitu ganggang hijau biru atau cyanophyceae, ganggang hijau atau chloropheceae, ganggang merah atau rhodophyceae serta ganggang coklat atau pheaceophyceae.

Saat ini banyak orang yang tinggal disekitar pantai relatif banyak melaksanakan budidaya rumput laut, Di indonesia setidaknya ada sekitar 555 spesies rumput laut, dan ada sekitar 55 spesies rumput laut yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi seperti Gracilaria sp, Eucheuma sp, dan Gelidium. Berikut ialah cara budidaya rumput laut :

Baca Juga : 

a. Penyediaan dan Pemilihan Bibit Rumput Laut

Penyediaan rumput laut bisa dilaksanakan dengan cara vegetatif dan generatif. Bibit yang dipakai untuk budidaya adalah bibit yang berasal dari stek tumbuhan rumput laut yang telah dibudidayakan berkualitas unggul (mempunyai banyak cabang) yang masih muda, bersih dan segar serta mempunyai angka pertumbuhan harian yang baik.

b. Penanaman

Terdapat beberapa metode tanam rumput laut, diantaranya metode lepas dasar, rakit apung dan metode lepas dasar atau tali gantung.

  • Metode Lepas Dasar

Penanaman dengan metode ini, bibit diikatkan dengan batu-batu karang lalu batuan karang tersebut disebarkan di dasar perairan. Metode ini cocok dilaksanakan pada perairan yang mempunyai dasar rata dan tak ditumbuhi karang serta juga tak berpasir. Metode ini mudah dan hanya membutuhkan peralatan yang sederhana, namun metode ini jarang dilakukan sebab keberhasilannya belum diyakini dan mengingat juga persyaratan yang butuh dipenuhi yakni lahan yang terbuka serta terdapat potongan-potongan batu karang yang kedudukannya untuk substrat yang kokoh dan tidak terbawa arus. Selain sulitnya memperoleh lahan budidaya seperti itu, kelemahan lain metode ini ialah nantinya akan ada banyak bibit yang hilang terbawa ombak, tidak bisa dilakukan di perairan yang berpasir, banyak memperoleh gangguan dari bulubabi, dan mempunyai produksi yang rendah.

  •  Metoda Rakit Apung

Penanaman dengan metode ini, rakit apung yang dipakai terbuat dari bambu berukuran antara kurang lebih 2,5 x 2,5 meter persegi hingga 7 x 7 meter persegi bergantung pada ketersediaan bambu. supaya rakit apung tidak terbawa arus maka pakai jangkar sebagai penahanan atau pun dapat dirakit dan diikatkan pada patok kayu yang sudah ditancapkan di dasar laut .

Dalam memasang tali dan juga patok harus memperhitungkan faktor ombak, arus dan pasang surut air. Metode rakit apung ini cocok dilakukan pada lokasi budidaya yang mempunyai kedalaman sekitar 60 cm. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk budidaya dengan metode ini ialah bibit, potongan bambu yang mempunyai diameter sekitar 10 cm, potongan kayu penyiku yang mempunyai diameter sekitar 5 cm, tali rafia, tali ris dengan diameter sekitar 4 mm dan 12 cm, serta jangkar besi, bongkah batu ataupun adukan semen pasir. Berikut ialah tahapan penanaman dengan metode ini :

Potongan kayu dan bambu dirangkai, lalu ikatkan jangkar pemberat dengan tali 12 mm.
Thallus dengan berat sekitar 100 gram diikatkan pada tali ris dengan memakai tali rafia lalu diberi jarak kurang lebih 20 cm – 25 cm
Jarak antar tali ris yakni sekitar 50 cm sedangkan panjang tali ris disesuaikan dengan panjang rait apung yang dipakai
Tali ris yang sudah berisi tanaman diikatkan pada rakit. Untuk titik tanam pun disesuaikan dengan ukuran rakit apung. Untuk rakit apung yang mempunyai ukuran 7 Meter x 7 meter maka ditanami sekitar 500 titik tanam rumput laut.



  • Metoda lepas dasar atau tali gantung

Penanaman rumput laut dengan metode lepas dasar atau tali gantung, tali ris yang telah berisi ikatan tanaman direntangkan pada tali ris utama. Pengikatan tali ris pada tali ris utama dilakukan dengan benar supaya nantinya mudah dibuka kembali. Tali ris utama yang terbuat dari bahan polyetilendengan diameter sekitar 8 mm dibentangkan pada patok. Jarak tiap tali ris dengan tali ris utama kurang lebih 20 cm. Patok terbuat dari kayu dengan diameter sekitar 5 cm dan panjang sekitar 2 m. Jarak patok sebagai membentangkan tali ris utama adalah sekitar 2,5 m.

c. Pemeliharaan Tanaman Rumput Laut

Apabila terjadi kerusakan pada sarana budidaya maka harus segera diperbaiki, cek dan bersihkan kotoran yang menempel pada tanaman secara rutin.

Perlu juga dilaksanakan pemupukan apabila budidaya dilakukan di tambak (umumnya rumput laut jenis gracilaria sp) dengan memakai pupuk urea, TSP dan ZA, selain itu jika budidaya dilaksanakan di tambak maka perlu juga dilakukan pergantian air setiap 15 hari sekali pada bulan baru dan bulan purnama.

d. Pemanenan Rumput Laut

Rumput laut dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 6 minggu- 2 bulan setelah tanam atau sudah mempunyai berat per ikatan sekitar 800 gram. Cara memanen rumput laut pada saat air pasang ialah dengan cara mengangkat seluruh rumput laut ke darat lalu
tali rafia pengikat dipotong. Sedangkan pada saat air surut pemanenan dapat dilakukan secara langsung di lokasi budidaya.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Lengkap Budidaya Rumput Laut Yang Bernilai Ekonomi Tinggi"

Posting Komentar