HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Metode Budidaya Ikan Mas Agar Mendapatkan Hasil Melimpah

Distributor Waring Daerah Sidoarjo - Lim Corporation

Ikan mas atau Ikan karper merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang telah lama dibudidayakan di Indonesia yakni sekitar tahun 1920an. 

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak digemari oleh orang sebab tekstur dagingnya yang lembut dan juga lezat dan mudah dalam melakukan pengolahannya.

Sebab hal tersebut, kini ikan mas bernilai ekonomis tinggi, sehingga ikan mas kini banyak yang dibudidayakan. Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan mas dalam keramba!

Persiapan Keramba Ikan Mas

Untuk melakukan pemasangan kantong jaring atau jala dengan bentuk persegi panjang dan ukuran bervariasi, maka diperlukan bambu. Ukuran kolam keramba yang akan dibuat dengan ukuran bervariasi mulai dari panjang 2 m dan lebar 2 m dan panjang 7 m dan lebar 3 m, juga tinggi 2 sampai 3 m dan berbagai ukuran lain sesuai keperluan. 

Untuk 4 bagian sudut rakit pakai bambu utuh yang belum dibelah dan untuk menyambung bambu dapat diikat memakai tali ijuk. Sebagai pelampungnya dapat dipakai bambu utuh. Bambu dipotong menjadi 2 sisi lebar dan 2 sisi panjang yang diikat pada bambu yang telah dipotong dengan tinggi 170 cm dari dasar rakit.

Apabila rakit ingin ditenggelamkan pada air setinggi 150 cm, maka pelampung bambu dibuat dengan ketinggian yang sama supaya kuat, pelampung bambu harus memakai diameter yang besar.

Apabila keramba telah jadi, maka diamkan selama beberapa hari sampai kering tergantung cuaca yakni sekitar 3 sampai 5 hari. Penjemuran ini bertujuan supaya mikroorganisme penyakit dalam keramba dapat mati.


Kemudian lakukan pengapuran keramba guna menetralkan pHnya. Daripada itu, lakukan pemupukan keramba dengan memakai pupuk kandang atau dapat juga pupuk kimia.

Pengelolaan Air Keramba Ikan Mas

Air harus dijaga kebersihannya supaya ikan mas dapat tumbuh sehat dan berkembang biak dengan normal. Bila air kotor dan bau maka perlu segera diganti dengan air bersih dan pemberian pakan harus disesuaikan supaya tidak ada sisa pakan yang bisa mengakibatkan air menjadi kotor dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab penyakit ikan mas.

Persiapan Indukan Ikan Mas

Calon indukan harus asalnya dari keturunan unggulan jadi benih yang dihasilkan juga berkualitas. Ikan mas betina dipilih yang telah siap untuk dipijahkan yaitu telah berumur 1,5 sampai 2 tahun dengan berat lebih kurang 2 kilogram.

Sementara untuk induk jantan perlu berusia minimal 8 bulan dengan berat sekitar 1 per 2 kilogram. Untuk membedakan ikan mas jantan dan betina dapat dilakukan dengan mengurut perut dari arah perut menuju ekor. Jika keluar cairan berwarna putih dari kelamin, maka itu menandakan ikan mas tersebut kelamin jantan.

Pemberian Pakan Ikan Mas

Pakan yang baik untuk ikan mas adalah pakan yang mengandung karbohidrat, vitamin serta mineral dalam jumlah seimbang. Pakan utama ikan mas alangkah baiknya mengandung kadar protein sebanyak 25% dan pakan tersebut diberikan 3 kali sehari.

 Pakan utama ikan mas yaitu berupa pelet diberikan sebanyak 3 sampai 4 persen dari bobot tubuh ikan mas. Setiap 2 minggu sekali diambil sampel acak dari beberapa ikan mas dan bobotnya ditimbang guna menentukan dosis pakan. Penimbangan ikan mas dilakukan pada setiap 2 minggu sampai ikan mas siap panen.
Distributor Jaring/Waring Ikan

*Info lengkap mengenai harga Waring Ikan silakan klik http://bit.ly/hargawaringikan

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Ikan atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp : 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
- Minimal order 10 roll 
- Harga netto (tdk termasuk PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Metode Budidaya Ikan Mas Agar Mendapatkan Hasil Melimpah"

Posting Komentar