HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Metode Budidaya Ikan Belida Dengan Mudah dan Benar

Produsen & Distributor Waring di Sidoarjo - Lim Corporation

Ikan belida atau lopis tergolong kedalam jenis ikan sungai yang termasuk dalam suku Notopteridae. Ikan lopis ini lebih terkenal dengan sebutan nama ikan belida atau belido, nama itu diambil dari nama sebuah sungai di Sumatera Selatan. Orang Banjar sering menyebut ikan pipih. Jenis belida ini bisa dijumpai di wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, serta Semenanjung Malaya, walaupun kini agak susah ditangkap sebab rusaknya kualitas dan mutu sungai serta penangkapan.

Baca Juga : 

Ikan belida tergolong ke bahan baku guna sejenis kerupuk yang khas dari Palembang sendiri yang dikenal dengan nama kemplang. Dahulu, lopis pula kerap dimanfaatkan guna pembuatan pempek tetapi kini diganti dengan ikan tenggiri. Tampilan fisiknya yang menarik pula membuatnya lebih cocok dipelihara di akuarium untuk dijadikan ikan hias.

Ikan belida ini ialah sebuah ikan jenis air tawar yang mempunyai bentuk tubuh yang menarik, sekilas sama dengan black ghost. Ikan ini tak hanya dapat dijadikan ikan konsumsi, ikan ini bisa juga dijadikan ikan hias yang cantik sebab bentuk tubuhnya yang menarik. Ikan ini juga kerap dikenal dengan berbagai nama seperti Ikan Lopis, Ikan Belida, dan Ikan Pipih. Berikut ini kami paparkan beberapa langkah serta tips dalam budidaya ikan belida atau lopis:

1. Persiapan Kolam

Ikan belida tergolong dalam jenis ikan air tawar, maka budidaya ikan belida sendiri bisa Anda lakukan dalam media kolam tanah ataupun juga kolam terpal. Intinya, kolam budidaya yang bakal dipergunakan untuk memelihara dan membudidayakan ikan belida, perlulah memiliki ukuran yang besar sebab pada puncak pertumbuhannya, ikan belida atau lopis bisa tumbuh sampai ukuran 1–7 kg.

Minimal untuk ukuran kolam yang disediakan guna budidaya ikan belida ialah 2 meter persegi serta ketinggian air kolam sekitar 30 cm. Disebabkan habitat asli ikan belida ialah hidup di air yang mengalir, jadi pakai saja kolam yang airnya mengalir.


2. Pemupukan Dasar Kolam

Sama halnya dengan persiapan budidaya ikan lainnya, pemupukan dasar kolam guna budidaya ikan belida pula harus dikerjakan. Pemupukan sendiri dimaksudkan guna menyuburkan tanah serta memusnahkan hama-hama pengganggu pada budidaya ikan belida.

Persiapan bisa Anda lakukan dengan cara mengeringkan kolam sampai retak lalu diberikan pupuk organik. Sesudah itu kolam barulah bisa diisi air secara bertahap. Guna kolam yang dibuat dari plastik terpal cara ini tak harus dikerjakan. Yang pastinya, terpal yang bakal dipakai wajib steril serta aman dari gangguan hama.

3. Penebaran Benih

Benih ikan belida dapat Anda peroleh dari hasil pemijahan sendiri ataupun dari hasil budidaya ikan tersebut. Guna mengerjakan pembenihan secara independen, pemelihara perlu mencari induk jantan serta induk betina. Untuk induk yang jantan bisa diketahui dari ciri-ciri fisiknya yakni sirip perut yang memanjang, ukurannya lebih kecil dari ikan betina, kelamin bentuknya tabung.

Sedangkan untuk sang indukan betina memiliki ciri fisik sebaliknya dari pejantan. Ketika masa kawin telah datang, alat kelamin jantan bakal memerah serta mengeluarkan sperma yang berwarna putih. Taruh bambu pada dasar kolam untuk lokasi penempelan telur-telur. Bambu perlulah panjang kira-kira semeter sebab dalam sekali proses pemijahan saja, sang indukan betina dapat menghasilkan sampai 300 butir telur.

4. Pemberian Pakan

Ikan belida ini tergolong ke dalam jenis ikan karnivora, maka bisa untuk memakan segala jenis makanan ikan terutama yang kecil-kecil. Ketika berusia tiga hari, larva belida telah bisa memangsa pakan udang kecil. Belida bisa melahap jenis ikan ataupun udang apa saja yang ideal dengan ukuran pada mulutnya, oleh sebab itu pemberian makanan perlu dikerjakan dengan teratur guna menghindari hal tersebut terjadi.

Berikan makanan berupa ikan kecil semisal anakan ikan lele ataupun anakan ikan mas atau pun udang. Pakan lainnya yang pula bisa diberikan ialah katak yang berukuran kecil. Pemberian makanan dikerjakan sebanyak 3x dalam sehari.

5. Pemanenan

Tak sama seperti jenis ikan lainnya, ikan belida ini memiliki waktu yang relatif lama dalam masa pemanenan. Masa panen yang ideal ikan belida ialah sekitar 1 tahun, ataupun setidaknya sampai berbobot sekitar 500–700 gram. Pemanenan pada ikan belida bisa Anda lakukan secara satuan atau juga secara total, hal tersebut umumnya dipengaruhi oleh minat dan permintaan para konsumen.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Budidaya Ikan Belida Dengan Mudah dan Benar"

Posting Komentar