HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR WARING SAYUR & WARING IKAN
Menyediakan: waring sayur, karung waring, karung jaring, waring merah, waring kuning, waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Sukses Budidaya Tanaman Porang yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Produsen & Distributor Waring Sayur di Sidoarjo - Lim Corporation

Porang atau Iles-Iles atau Suweg (Amorphopallus muelleri) adalah tumbuhan herba yang bisa tumbuh hingga ketinggian 100 cm - 150 cm tetapi dapat juga mencapai ketinggian sekitar 1,5 meter, tumbuhan ini adalah tumbuhan penghasil umbi yang relatif hidup di hutan tropis. Tumbuhan ini dapat juga di tanam di daerah dataran rendah serta bisa dengan mudah tumbuh diantara pepohonan seperti jati serta pohon sono.

Tanaman Porang ini mempunyai batang tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam dengan bintik berwarna putih. Batang tunggal tumbuhan ini akan terbagi menjadi 3 batang sekunder serta akan terbagi lagi hingga menjadi tangkai daun tanaman. Batang tanaman porang mempunyai bintil atau katak berwarna coklat kehitaman sebagai alat perkembangbiakan. Ketinggian tanaman ini bergantung pada umur dan juga tingkat kesuburan tanah.

Baca Juga : 

Tanaman ini kini banyak dibudidayakan sebab tanaman ini mempunyai nilai ekonomi yang relatif menjanjikan. sebab umbi tanaman ini mengandung zat Glucomanan yang mempunyai banyak manfaat di bidang industri dan juga kesehatan, berikut ialah manfaat dari umbi porang:

  • Bahan lem
  • Mie
  • Tahu
  • Perekat tablet
  • Pembungkus kapsul
  • Penguat kertas
  • dan lainnya

Cara Budidaya Tanaman Porang

a. Syarat Tumbuh

Tanaman Porang  mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh. Tumbuhan Porang memperlukan cahaya maksimum hingga 40%. Tanaman Porang dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 0 – 700 mdpl tetapi yang relatif baik ialah daerah dengan ketinggian 100 hingga 600 mdpl. Tanaman Porang menghendaki tanah yang gembur dan subur dan tak tergenang air dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 6 – 7.

b. Teknik Perkembangbiakan Porang

Perkembangbiakan tanaman Porang bisa dilaksanakan dengan cara generatif ataupun vegetatif. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk melakukan perkembangan bibit porang yaitu:
  • Perkembangbiakan dengan Bintil atau Katak
Dalam 1 kg bintil atau katak berisi kurang lebih 100 bintil atau katak. Pada masa panen bintil atau katak dikumpulkan kemudian di simpan sampai memasuki musim hujan dapat langsung di tanam pada lahan yang telah disiapkan.

  • Perkembangbiakan dengan Biji atau Buah
Dalam  kurun waktu empat tahun tanaman porang akan menghasilkan bunga yang lalu menjadi buah atau biji. Dalam satu tongkol buah bisa menghasilkan biji hingga 250 biji yang kemudian bisa dipakai sebagai bibit porang dengan cara di semai terlebih dahulu.
  • Perkembangbiakan dengan Umbi
Ada dua jenis perkembangbiakan dengan umbi yakni dengan umbi kecil dan umbi besar.
Umbi kecil didapatkan dengan melakukan pengurangan tumbuhan yang telah terlalu rapat dan perlu penjarangan. Tanaman hasil penjarangan dikumpulkan yang selanjutnya digunakan sebagai bibit. Sedangkan apabila memakai umbi besar bisa dilaksanakan  dengan  cara umbi besar yang telah diperoleh dibagi menjadi beberapa bagian selanjutnya ditanam pada lahan yang telah disiapkan.


c. Cara Menanam Porang

Menanam porang yang baik pasti saja dibawah naungan pohon-pohon besar seperti pohon jati atau yang lainnya. Dengan memakai sistem bercocok tanam tumpang sari tersebut maka akan lebih mudah melaksanakan perawatan.

d. Pemanenan Porang

Porang dapat dipanen setelah 3 tahun setelah tanam. Cara memanen porang ini yakni dengan cara mengambil umbi yang paling besar dan umbi yang kecil dibiarkan saja di lahan tanam supaya pada saat musim hujan umbi tersebut dapat tumbuh kembali. Setelah umbi dipanen maka selanjutnya bersihkan dari tanah dan akar, lalu di potong dan dijemur, memotong umbi tersebut harus benar sebab menentukan kualitas porang yang dihasilkan.

e. Penentuan Kualitas Porang

Jangan salah potong dan porang tak kering pada saat proses penjemuran, sebab umbi akan ditumbuhi jamur.  Dengan tumbuhnya jamur pada potongan porang maka akan menyebabkan turunnya nilai rupiah yang akan diperoleh sebab kualitas potongan porang tak bagus.
*Info mengenai harga Waring Sayur silakan klik http://bit.ly/hargawaringsayur

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Waring Sayur atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk penanganan pasca panen tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sukses Budidaya Tanaman Porang yang Bernilai Ekonomis Tinggi"

Posting Komentar