Jumat, 15 September 2017

5 Cara Budidaya Bawal Paling Jitu, Untuk Hasil Panen Yang Melimpah!

Ikan bawal ialah sejenis ikan air tawar berasal dari keluarga Bramidae. Hewan ikan ini asalnya dari wilayah Hawai serta beberapa daerah di wilayah Indonesia.

1. Persiapan Kolam
Sesudah dasar pada kolam dipastikan kering, lalu berikan pengapuran dengan kapur tohor ataupun dolomit dengan dosis 25 kg/100 meter persegi.
Hal ini untuk guna meningkatkan angka pH tanah, serta bisa juga guna membasmi hama atau patogen yang tahan pada proses pengeringan.

Pemupukan bisa terdiri dari beberapa pupuk, semisal menggunakan pupuk kandang 25-50 kg/100 m2 serta TSP 3 kg/100 m2. Untuk pupuk kandang yang dipakai perlu dipastikan yang telah matang, supaya tak jadi racun.

Baca Juga : Membasmi Hama Tanaman Dengan Pestisida Organik

Sesudah pemupukan rampung, diisi kolam dengan air sekitar 2-3 cm serta didiamkan sekitar 2-3 hari, lalu air kolam diberi tambahan sedikit hingga kedalaman awal sekitar 40-60 cm serta juga terus diatur hingga ketinggian 80-120 cm bergantung dari kepadatan ikan. Kalau warna air telah berubah hijau terang, barulah bibit ikan siap untuk ditebar.

2. Pemilihan & Penebaran Benih
Sebelum benih diteberkan, benih haruslah diadaptasikan dahulu, yang tujuan supaya benih tak dalam keadaan stres ketika ada di dalam kolam.

Cara mengadaptasi : Pertama, bagi ikan yang terbungkus di dalam plastik tertutup rapat bisa dimasukkan ke kolam, diamkan hingga dinding plastik bisa mengembun dengan sendirinya.
Ini menandakan air dikolam serta air di dalam plastik suhunya sama, sesudah itu buka plastiknya serta air dikolam masukkan perlahan saja kedalam wadah plastik tempat bibit hingga benih nampak keadaannya baik. Lalu bibit disebar hati-hati ke kolam ikan dengan perlahan-lahan saja.

3. Kualitas Pakan & Cara Pemberian
Untuk mutu pakan yang bagus ialah pakan yanq memiliki gizi seimbang serta protein cukup, karbohidrat atau lemak dan juga vitamin serta mineral.
Sebab ikan ini bersifat hewan omnivora jadi makanan yang dikasihkan dapat seperti daun-daunan ataupun pelet ikan. Pakan dikasihkan 3-5 % berat badan ikan. Pemberian pakan sendiri bisa disebarkan dengan langsung ke kolam.

4. Panen Hasil
Proses panen bisa dikerjakan sesudah ikan tersebut dipelihara sekktar 4-6 bulan, saat tersebut ikan sudah mendekati ukuran sekitar 500 gram/ekor, berkepadatan 4 ekor/m2.

Jangan Lewatkan : Pabrik dan Distributor Jual Waring Sayur, Karung Jaring, Sak Jaring 

Umumnya alat yang dipakaikan semisal waring ikan lebar lebar. Ikan bawal hasil pemanenan lebih baik penampungannya dikerjakan pada tempat yang cukup luas serta keadaan air tetaplah selalu mengalir lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar