Senin, 08 Mei 2017

Trik Budidaya Ikan Bandeng Agar Hasil Melimpah Ruah!

Ikan bandeng (Chanos) ialah ikan pangan ternama di Asia Tenggara. Ikan ini termasuk salah satu spesies yang tetap ada pada suku Chanidae (dengan 6 genus tambahan dilaporkan masih ada tetapi kini telah punah atau mati). Dalam bahasa Bugis serta Makassar disebut sebagai ikan bolu, serta dalam bahasa Inggris yakni milkfish).

Mereka bertahan hidup di Samudera Hindia serta Samudera Pasifik namun cenderung bermukim di sekitar pesisir serta beberapa pulau dengan adanya  terumbu koral. Ikan yang telah dewasa serta baru menetas akan hidup di laut sekitar 2–3 minggu lamanya, selepas itu akan berpindah di rawa-rawa bakau serta perairan payau, juga tak kala danau-danau yang berair asin. Bandeng akan balik ke laut jika telah beranjak dewasa serta dapat berkembang biak.
*Baca Juga : Apa Itu Budidaya Ikan, Serta Apa Kelebihan & Kekurangannya?

- Pemilihan Benih Ikan Bandeng
Pemilihan benih harus dikerjakan secara baik, supaya hasil yang diperoleh pun sangat baik. Sebab benih yang dipakai sangat mempengaruhi perkembangan ikan bandeng. Benih yang berkualitas bagus wajib memenuhi persyaratan, yakni :

1. Wajib dari indukan bermutu
2. Tidak sampai terserang hama serta penyakit
3. Bibit tidak mengalami abnormal atau juga luka
4. Pertumbuhan dan perkembangan cepat atau pesat
5. Tahap produksi tinggi dan besar
6. Kalau masih pemula beli benih di tempat yang telah terpercaya, serta berkualitas. Serta juga telah di akui dan dirasankan oleh pemerintahan perikanan.

- Pengelolahan Media Kolam Ikan Bandeng
Guna memperoleh ikan bandeng yang bermutu tinggi, wajib membuat media kolam ikan yang bermutu serta berkualitas dengan cara antara lain yakni :

1. Menemukan lahan pembuatan kolam dengan ciri-ciri yang telah di paparkan di atas.
2. Sesudah menemukan, kerjakan pengerukan kolam dengan ukuran sekitar 2 x 3 x 3 m atau pun lebih tergantung selera pemilik.
3. Selanjutnya, sesudah di gali kerjakan pengapuran kolam sekitar 2-3 minggu. Serta teruskan dengan pembuatan bedengan di atas (tanggul) kolam dengan ukuran sekitar 30-60 cm.
4. Setelah itu kerjakan pengeringan kolam sekitar 2-3 minggu tergantung cuaca. Sesudah kering kerjakan pengisian air (dapat pula memakai terpal kalau mau menggunakan ukuran yang selaras dengan kolam).
5. Pengisian air padat di kerjakan sekitar 30-40 cm tepat di area tanah, supaya ikan tidak dapat melompat keluar.
6. Pembuatan jaring di atas kolam, menggunakan ukuran yang selaras dengan kolam.
7. Serta mengerjakan penyebaran benih ikan, sekitar 100 sampai 400 ekor per meternya.

- Pemeliharaan Ikan Bandeng
Budidaya ikan bandeng ini persis dengan perawatan ikan pada umumnya yakni dengan pemberian pakan, pengairan, serta pula pengendalian hama serta penyakit.

A. Pemberian pakan
Pemberian makanan ikan bandeng dikerjakan 2x dalam sehari, memakai pelet, cacing serta limbah bekas ikan. Pemberian makanan ini wajib dikerjakan secara baik dengan pengendalian yang baik guna menjaga mutu ikan pada kolam.

B. Pengairan kolam
Pengairan kolam ini begitu dibutuhkan, pengairan kolam ini bisa dikerjakan beberapa bulan. Hal ini guna melindungi kualitas air, supaya tidak gampang tercemar yang disebabkan penumpukan bekas makanan pada ikan bandeng.

C. Hama serta penyakit
Hama serta penyakit pada ikan bandeng ini yaitu hama pemangsa yang berada di luar contohnya ular, biawak, serta ikan pemangsa lainya. Dan juga penyakit yang mengancam ikan ini diakibatkan oleh bakteri, cendawan serta jamur yang bisa diatasi menggunakan larutan garam, vaksinasi serta perendaman formalin sekitar beberapa jam.
*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Sayuran Buncis

- Pemanenan Ikan Bandeng
Pemanenan ikan bandeng bisa dikerjakan 1.5 sampai 2 bulan, akan tetapi lebih tergantung dengan perkembangan serta pertumbuhan ikan bandeng. Ikan bandeng bisa di panen menggunakan cara mengeringkan kolam, mengerjakan penjaringan ikan serta pula mengerjakan penangkapan sederhana. Ketika pemanenan haruslah dikerjakan secara hati-hati supaya ikan bandeng tidak terluka atau juga badannya tergores.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandeng
http://fredikurniawan.com/cara-budidaya-ikan-bandeng/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar