Selasa, 30 Mei 2017

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Nila, Agar Panen Besar!


Ikan nila ialah semacam ikan untuk konsumsi di perairan tawar. Ikan ini diproduksi oleh Afrika, benarnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, serta sekarang jadi ikan peliharaan yang terkenal di setiap kolam air tawar di Indonesia dan juga hama di tiap sungai serta danau di Indonesia. Nama ilmiahnya yakni Oreochromis niloticus, serta dalam bahasa Inggris disebut sebagai Nile Tilapia.

Nah, berikut akan dipaparkan tahap-tahap budidaya Ikan Nila dengan hasil yang melimpah serta menguntungkan, yaitu antara lain :
1). Lahan Pemeliharaan (Kolam)
Untuk kolam sendiri bisa dipasangkan dengan situasi lingkungan Anda tinggal, Anda dapat memakai berbagai macam jenis-jenis kolam, seperti contoh Anda membuat kolam di area persawahan, kolam, tambak yang terbuat oleh batu dan juga semen, atau dapat juga menggunakan media terpal sebagai area pemeliharaanya. Menurut pengalaman oleh beberapa orang, media terpal lebih menghemat ongkos serta pas untuk Anda yang pemula usaha ini.


2). Pembuatan Kolam
Untuk luas serta ukuran kolam bisa dipaskan sesuai apa yang dibutuhkan dan keinginan Anda, contohnya : lebar 2m x luas 2m dan tinggi sekitar 2, 5 m (guna persyaratan skala kecil). Pada ukuran itu Anda sudah bisa memelihara ikan kurang lebih sekitar 1500 ekor ikan. Sebelum Anda memasukkan ikan nila ke dalam kolam yang baru, harusnya Anda mengerjakan persiapan yakni :
a. Kolam yang baru selesai di buat sebelum ketika di penuhi air usahakan dikasih pupuk organik dengan ketebalan sekitar 2cm.
b. Kasih daun jerami atau juga dapat memakai daun yang sudah kering dan lapuk kira-kira 2 cm.
c. Masukkan kapur serta garam secukupnya lalu taburkan ke semua area kolam.
d. Kalau proses di atas telah usai, diamkan kolam sekitar 2 hari jangan terlebih dulu menambahkan air ke dalam kolam.
e. Setelah kolam di isi air diamkan selama 7 hari, lalu setelahnya benih bibit ikan ditambahkan ke kolam, yakni bertujuan supaya pupuk bisa terurai secara maksimal serta merata dan dapat dipakai sebagai makanan organik untuk bibit ikan tersebut.

# Baca juga Cara Budidaya Ikan Lele Yang Benar

3). Bibit Ikan Nila
Bibit ikan bisa Anda beli di penyedia bibit ikan jika tidak ingin susah-susah mencari. Belilah bibit ikan yang sehat serta berkualitas dan bermutu, karena ini sangatlah berpengaruh pada hasil akhir panen mendatang.

4). Perawatan Ikan
Kalau perawatan ikan nila ini sangat mudah, berikut tahap-tahap perawatan ikan yang wajib Anda terapkan serta kerjakan :
a. Kasih makanan 2 kali dalam sehari, dianjurkan pada waktu pagi serta sore hari
b. Berikan vitamin guna perkembangan serta kesehatan ikan, sekitar 1 kali dalam sebulan.
c. Selalu jagalah kebersihan air pada kolam jangan sampai dibiarkan kotor, karena tipe ikan ini tak menyukai air yang keruh dan kotor. Hal semacam ini wajib Anda ketahui guna menghindari ikan stress dan tewas, serta bermanfaat guna berlangsungnya pertumbuhan ikan.
d. Usahakan air kolam tetap mengalir supaya pertumbuhan ikan bisa pesat, Anda bisa menggunakan pump air atau alat penyedot air (untuk kolam dari batu, semen, serta terpal).


5). Penyakit Pada Ikan Nila & Cara Menanganinya
a. Ikan stress
Jika ikan nila keadaanya stres jadi pertumbuhannya dapat terganggu, masalah tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa aspek contohnya : Airnya keruh
Penanganannya : Menguras air kalau kolam sudah agak keruh.

b. Ikan sakit karena bakteri jamur,
Indikator penyakit ini biasanya timbul disebabkan naiknya kandungan asam di kolam oleh hasil kotoran atau pembuangan tinja dari ikan tersebut.
Penanganannya: Pindah ikan yang terkena sakit tersebut dan obati dengan teratur, obatnya bisa Anda beli di toko ikan atau pedagang obat-obat ikan di dekat rumah Anda.

c. Ikan tidak nafsu makan
Biasanya tragedi semacam ini timbul karena situasi ikan lagi stres.
Penanganannya : Kasih obat penambah nafsu makan yang sudah tersedia ada di toko-toko ikan, atau juga dapat menggunakan rempah-rempah tradisional guna menanganinya.

# Jangan lewatkan Best Product , Waring Ikan RK Super Merk SHARK !!

6). Panen
Biasanya ketika panen ikan nila membutuhkan waktu sekitar 4 – 6 bulan, tergantung dari pemeliharaan dan lahan budidayanya. Jika berat ikan semua berbeda, Anda bisa memisahkan dan meilih sesuai dengan yang dibutuhkan, karena menurut pengalaman pembudidaya yang lain, ada beberapa ikan yang pertumbuhan serta perkembangnya melambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar