Kamis, 24 November 2016

Memanfaatkan Waring Ikan untuk Pagar Tanaman


Saat ini sayuran organik semakin digemari oleh masyarakat. Tuntutan dan trend pola hidup sehat membuat banyak orang mulai melirik sayuran organic dan mulai menanam sendiri sayuran di kebun sendiri atau pekarangan rumah. Dengan metode penanaman yang semakin beragam mulai dari yang menggunakan media tanah hingga yang hidroponik dengan berbagai macam variasi. Semua untuk menunjang keinginan seseorang untuk mendapatkan sayuran segar dan organic atau sekadar hobi. Baik menanam di lahan yang luas maupun di lahan sempit menggunakan pot atau system hidroponik, tanaman perlu perwatan intensif agar memberikan hasil panen maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:
Lahan Untuk Menanam
Metode yang digunakan disesuaikan dengan keadaan rumah dan kemampuan pemilik rumah atau sesuai keinginan. Bagi yang memiliki lahan atau pekarangan luas, di desa misalnya, maka hanya perlu memikirkan bagaimana mengolah lahan yang ada agar dapat ditanami. Sedangkan bagi yang tidak memiliki lahan luas, banyak sekali alternative yang dapat digunakan. Menggunakan pot dengan media tanah atau hidroponik. Jika menggunakan pot banyak alternative yang dapat dipilih, sesuai dengan biaya yang tersedia, bias menggunakan pot bar atau memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Begitupula jika memilih hidroponik, banyak metode yang bias digunakan mulai dari yang sangat sederhana menggunakan botol bekas hingga set instalasi hidroponik yang cukup mahal.
#Baca juga Waring Sayur Untuk Kemasan Bawang.

Media dan Nutrisi
Media dan nutrisi merupakan sumber nutrisi yang sangat berperan penting bagi pertumbuhan tanaman. Salah dalam memilih media mengakibatkan tanaman tumbuh tidak maksimal dan mempengaruhi hasil panen. Jika anda pergi ke toko bunga atau pertanian, maka akan ada berbagai macam media dan pilihan pupuk dengan berbagai macam merk. Jika menggunakan media tanah, ada media tanam yang sudah dicampur pupuk organik berbentuk butiran halus dan ada media yang dicampur sekam dengan sedikit pupuk atau bahkan hanya tanah dan sekam. Pupuk juga terdiri dari berbagai macam kandungan hara yang berbeda seperti dominasi P tinggi atau N tinggi. Selain hara pupuk juga memiliki berbagai macam tekstur baik padatan maupun cair dengan cara aplikasi yang berbeda. Sesuaikan media dan pupuk dengan kebutuhan dan jenis tanaman.
#Baca juga Penggunaan Waring Berkualitas Untuk Kolam Apung.

Jenis Tanaman
Memilih tanaman disesuaikan dengan keadaan lingkungan tempat anda tinggal. Sayuran yang umum digunakan seperti bayam, sawi, dan cabai memiliki toleransi keadaan lingkungan yang tinggi dan mudah ditanam, namun ada sayuran atau buah tertentu yang membutuhkan lingkungan yang spesifik seperti hanya dapat tumbuh optimal di dataran tinggi atau dataran rendah. Kenali jenis sayuran yang akan anda tanam, karena lingkungan berbeda memberikan hasil panen yang berbeda.

Mempelajari Cara Menanam
Cara untuk mengetahui media tanam, pupuk, dan jenis tanaman yang cocok adalah dengan mepelajari terlebih dahulu metode menanam. Memang ada sayuran tertentu yang cukup ditanam saja sudah dapat dipanen, namun jika menginginkan hasil maksimal anda harus memahami metode yang tepat. Selain hasil yang optimal juga menghemat biaya dengan menghindari pemborosan penggunaan media dan pupuk. Jadi memahami apa yang anda tanam sangat penting.
Jika proses pemilihan di atas  sudah selesai kendala selanjutnya adalah pemeliharaan. Pada tahap ini musuh utama adalah ada hewan-hewan yang memakan sayuran seperti ayam dan bebek.
#Klik DISINI untuk info harga terupdate

Salah satu alternatif yang dapat digunakan jika tidak ingin repot membuat pagar kayu adalah dengan menggunakan waring ikan. Biasanya menggunakan waring ikan yang masih baru atau bekas untuk membuat pagar atau menutupi tanaman. Waring ikan yang ringan mudah untuk dipasang dan lubang pada waring sayur tidak menghambat sirkulasi udara. Selain digunakan di rumah, juga dapat digunakan untuk pagar di kebun yang luas. Waring ikan yang digunakan biasanya adalah waring TL dengan kerapatan sekitar 4 mm. Selamat mencoba menanam.
#Dapatkan info pertanian dan perkebunan terupdate klik DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar