Kamis, 13 Oktober 2016

Waring Sayur Pilihan Tepat Untuk Kemasan Tomat

Beberapa ilmu mengenai karakter sayur yang sudah dipanen seharunya dipahami oleh petani, sehingga tidak terdapat kesalahan dalam memperlakukan sayuran sebelum atau paska panen. Setelah sayuran dipanen proses metabolisme sayuran tersebut tidaklah berhenti. Bisa dikatakan sayuran tersebut masih tetap hidup.
Salah satu tanaman sayuran yang banyak diminati masyarakat adalah tomat. Setelah dipanen, tomat akan tetap melangsungkan proses respirasi. Selama proses respirasi akan terjadi perubahan kandungan dalam tomat pro-vitamin A menjadi Vitamin A, karbohidrat menjadi gula yang menghasilkan CO2, H2O, dan gas etilen. Zat-zat yang dihasilkan selama respirasi itu akan menyebabkan buah tomat menjadi lebih cepat membusuk. Maka dari itu, disarankan untuk memilih kemasan yang tepat untuk penyimpanan buah tomat.

#Baca Juga Manfaat Waring Untuk Pengemasan Berbagai Produk Hasil Pertanian.
untuk mengetahui info pertanian dan perkebunan terupdate silahkan klik DISINI.

Menggunakan wadah yang memiliki rongga agar kelembaban tomat tetap terjaga menjadi salah satu solusinya. Ketepatan petani dalam menyimpan tomat menjadi garansi kualitas tomat yang telah dipanen. Buah tomat memiliki tingkat respirasi yang sangat tinggi maka dalam proses penyimpanan perlu dihindari menutup tomat dengan rapat. Menggunakan waring sayur sebagai kemasan tomat paska panen menjadi pilihan tepat. Waring sayur memiliki rongga yang cukup banyak sehingga dapat mengurangi proses respirasi dari tanaman tomat. 

Sebelum dilakukan pengemasan hasil panen, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan proses penyortiran. Proses penyortiran dapat dilakukan dengan memperhatikan ukuran tomat dan tingkat kematangan tomat. Di pasar-pasar moderen lebih memilih keseragaman ukuran buah. Apabila pangsa pasar Anda adalah pasar moderen maka kemaslah tomat sesuai ukuran. Waring sayur terdiri dari berbagai jenis ukuran dan warna. Anda dapat memilih waring sayur warna merah atau waring sayur warna kuning. Ukuran waring bermacam-macam mulai dari 33 x 55 cm sampai 80 x 120 cm. Anda dapat memilh, ukuran waring sayur kecil untuk mengemas tomat kecil dan waring sayur berukuran besar untuk mengemas tomat berukuran besar.

Sedangkan perbedaan warna waring sayur dapat Anda manfaatkan untuk mengemas sesuai dengan tingkat kematangan buah tomat. Jika Anda akan mengirim tomat ke daerah yang jauh, pastilah tomat yang akan Anda kirim adalah tomat yang masih berwarna hijau, dengan asumsi tomat tersebut akan berubah menjadi merah ketika di tengah perjalanan. Sebagai alternatif pengemasan anda dapat memilih waring sayur berwana kuning untuk pengiriman jarak jauh, sedangkan pengiriman tomat jarak dekat menggunakan waring berwarna merah atau sebaliknya. Pemilihan perbedaan warna ini akan mempermudah Anda dalam pendistribusian.
Meskipun Anda telah menggunakan waring sayur dengan kualitas baik, Anda tetap harus memperhatikan penataan tomat saat akan didisitribusikan. Jangan menumpuk tomat dengan sembarangan karena hal tersebut dapat merusak tomat. Disarankan untuk meletakkan kapur di bawah tempat penyimpanan tomat agar dapat mengurangi kadar CO2.

Menigkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan membuat mereka lebih selektif dalam memilih bahan makanan. Bahan makanan berupa sayur-sayuran menjadi pilihan pertama dari berbagai macam jenis makanan lainnya. Kandungan gizi, vitamin, dan berbagai mineral lain dalam sayuran mampu membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar saat rajin mengkonsumsinya. Tak pelak, masyarakat kini selalu menginginkan sayur segar sebagai hidangan.

Kebutuhan pasar akan sayuran segar haruslah dengan cerdas ditangkap oleh para petani. Mereka sebagai produsen sayur-mayur harus lebih inovatif dan kreatif dalam menjaga kesegaran sayuran.  Sekali lagi, waring sayur adalah pilihan tepat untuk pengemasan panen tomat Anda. Bentuknya akan membantu Anda menjaga kualitas dari tomat yang Anda hasilkan. Jangan sampai harga tomat Anda menjadi lebih murah dari seharunya hanya karena Anda salah memiliki wadah untuk pengemasan. Sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan waring sayur, berbagai macam warna waring dan ukuran waring telah tersedia.

Lim Corporation menyediakan waring sayur dengan berbagai ukuran .Untuk info harga terupdate klik DISINI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar