Minggu, 04 September 2016

Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa


Waring memang terlihat sebagai perangkat sederhana, akan tetapi sangat kaya manfaat. Tidak hanya pada berbagai proses pertanian, baik dari awal hingga pengangkutan pertanian. Yang terbaru, sebagaimana yang sedang giat dijalankan oleh masyarakat Sumatra Selatan adalah penggunaan waring untuk pembuatan petak-petak kolam ikan lele di daerah rawa-rawa.

Solusi ini menarik menjadi bagian dari upaya mengolah lahan-lahan yang selama ini dibiarkan menganggur. Selama ini masyarakat membiarkan rawa tanpa dimanfaatkan khusus secara produktif. Masyarakat sudah terbiasa menangkap ikan tanpa membudidayakannya. Praktis perikanan rawa sementara ini masih bersifat perinkanan tangkap saja.

Kian Popular
Kini Anda tidak asing lagi melihat petakan-petakan waring dibangun warga di atas lahan rawa-rawa. Di Kota Palembang misalkan di kelurahan Bukit Baru, Sukarame, Kalidoni dan Tanjung Rawo petakan waring telah menyebar, menghiasi rawa yang dulu terbentang kosong. Berbagai jenis ikan dibudidayakan masyarakat seperti ikan lele, patin atau mujair.

Sebagaimana dikutip dari berbagai portal media nasional, petakan waring yang dikelola warga di atas lahan tambak tersebut terbukti menguntungkan. Apalagi lahan tambak tidak pernah kering, bahkan saat musim kemarau sekalipun. Sementara pada saat musim hujan, banjir yang menggenang tidak sampai merusak kuantitas atau kualitas budidaya ikan pada petakan waring tambak.

Keunggulan dan Manfaat Penggunaan Waring
Kini pemnafaatan waring untuk solusi daerah rawa semakin optimal. Dibanding dengan petakan kolam, penggunaan waring justru menghasilkan kuantitas dan kualitas budidaya yang kebih baik. Berikut keterangan rangkuman manfaat penggunaan waring pada petakan kolam rawa-rawa.

Sebagai Pembatas (Kolam)
Manfaat utama  penggunaan waring sebagai pembatas satu kolam dengan kolam lainnya. Pengelompokan ini penting dilakukan dalam rangka proses pembenihan, pemijahan, dan pembesaran.

Sebagai Peneduh Kolam
Waring dapat juga dimanfaatkan layaknya paranet, yakni sebagai pengontrol sinar terik matahari siang. Teduh kolam menggunakan waring ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga higienitas dan potensi penyakit yang datang dari atas.

#Baca juga Penggunaan Jaring Berkualitas Untuk Kolam Apung.

Alat Panen
Waring juga sangat membantu pada proses akhir, yakni pemanenan. Waring digunakan sebagaimana jala atau jaring untuk mengumpulkan ikan-ikan yang masih berkeliaran.

Menjaga Benih dari Predator
Waring bermafaat untuk menjaga kemungkinan berbagai serangga dan predator, khususnya pada ikan yang masih kecil-kecil. Predator tersebut seperti lele, ikan sapu, ular, dan lain-lain.

Mengurangi Tingkat Penyebaran Penyakit
Waring terbukti juga efektif mencegah tertularnya punyakit. Beberapa penyakit yang bisa menyerang ikan adalah bintik, jamur dan borok (budug) pada permukaan luar kulit lain. Jika sudah terkontiminasi, maka penyembuhan menjadi sulit.

Mengurangi Resiko Banjir
Waring juga sangat membantu petani saat cuaca berubah hujan deras dan mengalirkan banjir yang mengenang. Penggunaan waring terbukti jauh lebih aman dari pembuatan kolam-kolam ikan. Petakan waring tambak yang ditancapkan dengan tinggi tertentu, memberikan keamanan saat banjir meluap.

Lebih Cepat Panen
 Penggunaan waring juga terbukti efektif dalam melokalisir makanan yang disebarkan. Makanan tidak terbuang sia-sia, hingga dapat disantap oleh keseluruhan ikan budidaya.

Penggunaan waring kini semakin popular. Jika tiga tahun lalu penggunaan jarring di atas tambak masih sangat terbatas. Kini semakin banyak petakan waring di atas lahan rawa. Selain sebagai pemisah antar kolam, penggunaan waring sangat membantu pada penjagaan kolam, baik dari pengaruh luar, penyakit dan lain sebagainya atau alasan keamanan.

Bagi anda yang ingin memulai metode ini anda bisa menghubungi kami 085233925564 / 081232584950 / 087702821277 . Menyediakan Waring Ikan merk Arwana,Pancing dan RK dengan harga pabrik.Minimal pembelian 10 roll.Untuk harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.
Baca Juga Hasil Optimal,Manfaatkan Waring Ikan Untuk Budidaya Bandeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar