Jumat, 15 Juli 2016

Mengenal Berbagai Jenis Waring dan Manfaatnya

Saat ini waring semakin banyak diminati petani. Waring sangat membantu para petani pada berbagai proses produksi dan pemanenan hasil pertanian. Pada pertanian ikan, waring ikan digunakan sebagai pembatas yang mudah dan murah, memberikan pemilahan budidaya perikanan jauh lebih mudah. Dengan menggunakan waring, maka pertanian ikan dapat dilakukan di kolam, danau, sungai hingga muara laut.

Waring jenis lain bermanfaat pada sektor pertanian budidaya buah dan sayuran. Jenis waring ini digunakan  untuk pengemasan atau packing hasil panen sayur dan buah. Bentuk waring dengan jaring dan ruang  rongga yang longgar membantu aliran udara masuk dan mempertahankan kesegaran buah dan sayur.

Penggunaan waring juga dimanfaatkan pada proses budidaya tanaman buah pohon. Waring digunakan untuk menghalau hama masuk dan membusukkan buah. Waring juga dapat digunakan untuk pemagaran sawah atau kebun.
Dari keterangan di atas, ternyata waring memiliki aneka bentuk, jenis, dan ragam manfaatnya untuk mendukung sektor pertanian produktif nasional. Secara sederhana, apa saja jenis waring yang sering dipasarkan sebagai piranti penting pertanian? Berikut ulasannya.

Waring Ikan (Water net) dan Waring Sayur / Buah
Secara umum warning dapat diklasifikasikan pada dua manfaat, sekaligus dua bentuk utama waring. Yakni bentuk waring yang dimanfaatkan untuk budidaya dan proses pemanenan ikan. Waring untuk pertanian perikanan ini sering disebut dengan waring ikan atau water net. Waring ikan berbentuk jarring dengan ukuran kelonggaran disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan pertaniannya. Terbuat dari plastic dan berwarna hitam. Waring ini biasa digunakan untuk pembatas pada kolam, tambak, atau membuat kerambah di danau atau sungai. Waring jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar perkebunan atau sawah.

Sementara jenis waring kedua adalah Waring Sayur dan Buah. Waring ini berbentuk kerang karung dengan rongga jarring berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan produk sayur atau buah yang dipanen. Waring ini bermanfaat untuk proses pengemasan komoditas sayur atau buah saat proses penyimpanan dan pengangkutan.
Lebih detail, berikut jenis waring-waring tersebut.

Waring Ikan Jenis TL

Waring ikan TL dibuat dengan anyaman plastic sederhana. Disusun dari 2 benang vertikan pelintir, dengan satu rongga diselipkan secara zigzag 1 benang horisontal. Lebar lobang waring TL berkisar 4 mm. digulung dengan panjang sekitar 100 meter, ketinggian 1,2 meter dan kisaran berat 8 kg.

Waring Ikan Jenis RK
Waring ikan RK memiliki anyaman yang lebih rumit disbanding waring TL. Benang vertical disusun dari 4 benang, dan diselipkan 3 benang horizontal zigzag. Dengan begitu waring RK lebih kuat dibandingkan dengan waring TL. Digulung 1 roll dengan panjang 100 meter, ketinggian 1,2 meter dan bobot sekitar 16 kg.

Waring Ikan Jenis Polinet.
Meskipun disusun sederhana sebagaimana waring jenis TL, akan tetapi dari masing-masing pertemuan benar vertical dan horizontal selalu dikuatkan dengan ikatan. Jenis waring ini juga banyak digunakan para kontrakstor pada saat proses pembangunan gedung.

Waring Sayur dan Buah
Bentuk waring sayur dan buah berbeda dengan waring ikan yang berbetuk lembaran panjang. Waring ini lebih banyak digunakan sebagai sarana packing atau pengemasan, baik dalam rangka penyimpanan atau pengankutan. Beberapa jenis waring sayur dan buah yang kami sediakan adalah sebagaimana pada ukuran dan warna sebagai berikut; 
- waring warna merah (50x75 cm & 60x100 cm)
- waring warna kuning (50x80 cm & 60x100cm)
- waring warna orange
- waring warna ungu
- waring warna hijau

Kami melayani pembelian grosir waring sayur dan buah untuk kebutuhan agen, pertanian besar atau juga pertanian sedang. Untuk mendapatkan harga waring sayur dan buah ataupun waring ikan di pabrik waring kami, maka Anda dapat melakukan pembelian minimal 5 ball, atau jika dibongkar sama dengan 5.000 lembar.

Demikian informasi pendahuluan tentang produk waring kami, selebihnya silakan berkomunikasi untuk mendapatkan produk waring berkualitas dengan harga yang murah.

1 komentar: