Kamis, 28 Juli 2016

Manfaat Waring Untuk Pengemasan Berbagai Produk Hasil Pertanian

Jangan salah mengemas hasil panen. Pengemasan tidak semata berguna untuk proses pengangkutan. Lebih dari itu, pengemasan dimaksudkan untuk mempertahankan kualitas dan kesegaran sayuran, memudahkan pemindahan dan penyimpanan, dan juga bermanfaat seabgai branding komoditas agar menghasilkan harga jual panen yang lebih baik. Salah satu metode pengemasan terbaik sayuran adalah dengan menggunakan waring sayur.

Apa itu Waring Sayur?
Waring sayur adalah kemasan atau bungkus finshing pengangkutan komoditas sayuran, baik wortel, kentang, tomat, cabai, bayam, sawi, kubis, kol, dan lain sebagainya. Waring terbuat dari jejaring yang dibentuk dari anyaman plastic, atau bisa juga dari net s/ snare nets. Selain bermanfaat untuk pengemasan hasil pertanian sayur, waring juga dapat digunakan untuk pengemasan hasil pertanian lain, seperti buah-buahan, hasil panen tambah, ikan atau produk pertanian lainnya.

Manfaat Waring
Selain sebagai piranti pengemasan hasil panen sayuran, buah-buahan, atau produk hasil pertanian lainnya, waring juga dapat digunakan membantu pada proses pertanian. Pada perkebunan atau buah pohon, waring juga sering digunakan sebagai pagar untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Dapat digunakan juga sebagai penutup bunga yang akan berubah menjadi buah-buahan.
Karenanya fungsi waring pada dasarnya sangat beragam dan multi fungsi.

Setiap proses pertanian dapat menggunakan waring sebagai media menambah harapan peningkatan kualitas produksi hasil panen.  Fungsi lainnya adalah dapat juga digunakan untuk merakit mozaik stone, sebagai Fungsi Packaging. Di luar sektor pertanian, waring juga sering digunakan oleh para kontraktor bangunan sebagai penutup atau pengaman material pada proses pembangunan gedung ebrtingkat. Hal ini dimaksudkan agar material di lantai atas pada proses pembangunan tidak jatuh ke bawah, atau ke petak tanah orang lain.

Waring Sebagai Pengemasan atau Media Packing
Cara mudah packing sayuran dan beberapa komoditas hasil pertanian lainnya memang menggunakan waring. Media ini digunakan sebagai pembungkus buah-buahan atau sayuran, umumnya menggunakan waring berongga dengan lebar rongga disesuaikan dengan komoditas hasil panen yang dibungkus. Rongga pada waring sayur ini dimaksudkan agar buah atau sayur tetap dapat berinteraksi dengan udara luar sehingga kwalitasnya tetap terjaga dengan baik, segar dan menarik.

Peluang Bisnis Waring Sayur
Semakin popularnya penggunaan waring pada proses pengemasan sayuran dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Apalagi kini penggunaan waring juga telah berkembang sebagaimana kami sebutkan di atas. Sebagai pabrik waring dan distributor waring, kami membuka peluang kerjasama untuk mensuplai waring ke berbagai wilayah di Indonesia.

Ada banyak jenis waring yang dapat Anda distribusikan. Berikut 2 (dua) pasar utama pasar penjualan waring;

Petani sayur dan buah
Peluang usaha waring untuk kebutuhan pengemasan sayur dan buah sangat tinggi. Hal ini terkait dengan semakin membaiknya perkembangan dunia pertanian dan kesadaran petani untuk menggunakan perkembangan terkini proses pengemasan. Waring terbukti menjaga kesegaran sayur dan buah lebih terjaga dengan waktu yang lebih lama.

Petani Perikanan
Perhatikan truk yang lalu lalang di sekitar Anda, mengangkut kemasan hasil panen ikan yang akan disuplai ke berbagai wilayah di Indonesia. Penggunaan waring pada proses pengemasan ikan sangat membantu dalam proses bongkar muat komoditas ikan. Waring juga membantu mempermudah sortir hasil panen ikan, sehingga kualitas masing-masing hasil panen dapat didistribusikan sesuai dengan kapasitas dan permintaannya.

Selain manfaat pada pengemasan ikan, sayur dan buah-buahan di atas, peluang usaha waring juga masih sangat terbuka lebar pada berbagai aspek kebutuhan pembangunan masyarkat, bagi pembangunan fisik infrastruktur ataupun sebagai sarana edukatif pertanian. Karenanya, menambah stok toko pertanian Anda dengan produk waring akan menambah nilai keuntungan usaha Anda.
Baca Juga Mengenal Berbagai Jenis Waring dan Manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar