Sabtu, 30 April 2016

Pentingnya Waring Sayur Berkualitas Untuk Produksi Kentang

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dicari orang. Kandungan gizi dalam kentang sangat tinggi, antara lain kandungan karbohidrat, fosfor, zat besi, lemak nabati dan kalsium sebagai mineral penting yang diperlukan tubuh. Manfaat kentang antara lain: sebagai pencegah kanker, mengurangi risiko batu ginjal, baik untuk kesehatan tulang, baik untuk kesehatan jantung, syaraf dan sel-sel otak. Belakangan kentang juga banyak dipakai sebagai pengganti nasi, terutama bagi mereka yang sedang dalam program diet, baik diet untuk menjadi langsing maupun diet bagi penderita diabetes, karena kentang juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya peningkatan permintaan kentang, maka menjadi petani atau produsen kentang menjadi pilihan bagi beberapa orang yang ingin memperoleh keuntungan.

Dengan adanya pertumbuhan konsumsi kentang yang mencakup 90 % hanya untuk di pasar tradisional saja, maka pantaslah banyak oarang yang mulai ingin berbisnis kentang. Ditambah lagi iklim di Indonesia yang memang sangat cocok untuk budidaya kentang, terutama di dataran tinggi. Terlepas dari serangan hama ataupun penyakit, apabila proses penanaman berjalan lancar maka bisa dipastikan hasil panen kentang akan melimpah. Setelah itu, proses yang harus diperhatikan adalah pasca panen, antara lain proses penyimpanan dan pengepakan. Proses pengepakan yang baik itu sendiri merupakan salah satu cara penyimpanan yang baik juga. Karena dengan pengepakan yang baik, maka kentang yang dihasilkan tidak akan mengalami penurunan kualitas, sehingga tetap layak untuk dijual ke pasar (marketable) dan layak dikonsumsi.

Salah satu media pengemasan yang baik untuk kentang adalah dengan menggunakan waring sayur. karena dengan waring sayur yang berpori lebar, akan membuat kentang yang disimpan mendapat cukup udara tanpa mengurangi kandungan air yang terdapat didalamnnya. Pengemasan kentang dengan menggunakan media yang tertutup rapat, atau bahkan plastik yang sekedar diberi lubang cukup besar di beberapa titik, terbukti menyebabkan munculnya jamur (cendawan) dan serangga perusak kentang. Karena bahkan dengan pengemasan menggunakan waring pun kentang tetap harus disemprot insektisida untuk mencegah serangga dan jamur. Sehingga sangat meyakinkan bahwa pengemasan kentang yang terbaik memang menggunakan media yang berpori cukup lebar.

Selain itu, apabila dikemas dengan waring sayur berkualitas terbaik, kentang yang telah melalui proses pasca panen seperti pengadaan, pengkelasan, pencucian dan pengeringan, akan dapat dikemas sesuai dengan ukuran waring yang dikehendaki, untuk kemudian dihitung sesuai dengan berat per satu waring. Biasanya pemisahan bobot kentang per waring dipsah tiap 20 kg. Hal ini akan memudahkan petani atau produsen kentang dalam melakukan perhitungan, terutama apabila melakukan penjualan kepada konsumen langsung. Bahkan di waring tersebut juga bisa diberikan label yang berisi informasi menyangkut kentang yang dijual, seperti misalnya jenis kentang, berat per ukuran waring yang bersangkutan, tanggal panen, dan sebagainya. Dengan adanya informasi tersebut, konsumen akan dapat menentukan sendiri jenis kentang maupun jumlahnya, sesuai kebutuhan. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada hasil produksi anda sebagai petani maupun produsen kentang.

Penggunaan waring sayur yang berkualitas akan menentukan kualitas kentang yang diproduksi. Karena waring sayur yang jahitannya tidak kuat, misalnya, akan menyebabkan kentang akan mudah jatuh dan pastinya merusak kualitas kentang tersebut. Dengan memperhatiakn proses pengepakan pasca panen, maka nilai ekonomi hasil produksi kentang akan langsung bisa terlihat, dibanding harus menunggu proses panen selanjutnya yang memakan waktu lebih lama. Karena itu, pastikan produksi kentang anda menggunakan waring berkualitas buatan kami, agar keuntungan anda lebih maksimal. Hubungi kami untuk deail info menarik yang lebih lengkap.
# Baca juga Waring Sayur Harga Murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar