Selasa, 22 Maret 2016

Penggunaan Waring Berkualitas Untuk Kolam Apung

Indonesia gemar makan ikan. Itulah slogan yang banyak dipromosikan oleh Dinas Perikanan. Peningkatan konsumsi ikan karena adanya kesadaran masyarakat akan tingginya gizi ikan. Berbagai manfaat ikan bagi kesehatan antara lain adalah bagus bagi kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, menekan risiko kanker, meningkatkan fungsi otak, dan masih banyak lagi. Pola hidup sehat yang mulai disadari oleh masyarakat, membuat banyak orang mulai melirik bisnis ikan, antara lain menjadi peternak ikan.

Selain jenis ikan laut, saat ini budidaya ikan bisa dilakukan di bebagai jenis kolam, kolam tanah, kolam terpal, kolam semen maupun jaring terapung maupun tambak air payau.  salah satu oenggunaan media budidaya ikan yang populer adalah dengan menggunakan kolam jaring apung. Keunggulan kolam jaring apung ini antara lain adalah bebas banjir, karena kolam apung ini ketinggiannya akan selalu mengikuti tinggi permukaan air, aman dari ular dan burung pemakan ikan karena kolam apung ini tertutup dengan waring ikan. Selain itu, beternak dengan kolam apung ini lebih efisien karena dengan tidak perlunya melakukan pengurasan air kolam, maka peternak tidak perlu mengeluarkan biaya mesin penyedot air.

Karena kolam jaring ini menggunakan jaring/ waring, maka sangat penting bagi peternak untuk menggunakan jenis waring yang berkualitas. Proses pembuatan kerangka keramba yang biasanya dibuat dari balok kayu dan bambu, yang diikat denan menggunakan tali kuat dan juga dipaku. Pembuatan keramba ini biasanya dilakukan langsung di dalam kolam untuk dapat mengetahui langsung bentuk dan daya apungnya. Setelah selesai membuat kerangka keramba, barulah waring ikan dipasang. Pilih waring ikan yang berkualitas agar tidak mudah rusak, sehingga kolam apung tidak mudah rusak. Setelah selesai dipasangi waring ikan, keramba ini harus direndam terlebih dahulu dalam kolam selama kurang lebih 1 bulan. Tujuannya adalah agar waring menjadi lebih lunak, tidak terlalu tajam sehingga tidak melukai ikan yang berenang hingga ke tepi-tepi keramba.

Penggunaan waring ikan ini juga memudahkan nantinya dalam proses seleksi, setelah proses beternak ikan telah berjalan. Karena dalam proses seleksi ini, peternak akan memilih jenis ikan yang besar, bagus, atau ikan yang ukurannya lebih kecil. Pemisahan jenis-jenis ikan akan dilakukan, sehingga ikan-ikan yang besar dan bagus akan ditaruh ke dalam waring yang lain. Yang juga harus dipisah adalah jenis ikan yang berukuran jauh lebih besar dibanding ikan lainnya, karena khawatir jenis ikan ‘raksasa’ ini dapat mematikan populasi ikan lain yang berukuran jauh lebih kecil. Selain itu, dalam proses seleksi ini juga dilakukan pemisahan anak-anak ikan dengan ikan dewasa.

Sehingga anak-anak ikan ini tidak mudah mati. Selain memudahkan dalam proses seleksi, penggunaan waring ikan juga memudahkan saat proses panen nantinya. Dengan menggunakan waring, proses panen lebih mudah karena cukup hanya dengan menggulung waring, tanpa harus menguras air kolam. Hasil panen yang ada dalam waring ikan nanti akan bisa langsung diangkut ke produsen atau konsumen, setelah dilakukan penimbangan terlebih dahulu.

Beternak dengan menggunakan kolam apung ini, waring ikan menjadi salah satu bahan yang krusial. Karena apabila menggunakan waring ikan yang kurang baik kualitasnya akan membuat waring mudah sobek, sehingga ikan-ikan akan berenang keluar dari keramba, bercampur padahal sudah dilakukan proses seleksi, sehingga dapat berdampak mematikan sebagian populasi ikan dan pada akhirnya pasti akan mempengaruhi hasil panen menjadi tidak maksimal. Karena itu, gunakan selalu waring ikan berkualitas. Anda akan dapat menemukannya di tempat kami, waring ikan berkualitas dengan berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kolam apung anda. Silahkan hubungi kami untuk info lebih lanjut.
Baca juga Jual Waring Ikan Harga Murah.

1 komentar: